Catatan: Blog ini sekarang pindah ke www.kodedasar.com

7 Tipe Data Sederhana yang ada dalam Pemrograman C++

Damas Amirul Karim - Last Updated 23 April 2018
7 Tipe Data Sederhana yang ada dalam Pemrograman C++
    Perlu diingat, tipe data digunakan untuk menentukan jenis nilai atau value yang akan disimpan ke dalam memori, dan yang akan di proses dalam program.

    Lalu, tipe data sendiri terbagi atas 3 jenis yaitu: numeric untuk nilai bilangan, text untuk karakter, dan boolean untuk pilihan 1 (true) atau 0 (false).


    Macam-Macam Tipe Data dalam Bahasa C++


    Inilah tipe data pada bahasa c++

    Setiap tipe data memiliki besar memori yang berbeda antara satu dengan yang lain. Anda bisa memeriksanya dengan fungsi kode sizeof();

    Ketika kita sedang membuat variabel, sebenarnya kita sedang memesan memori untuk penyimpanan kepada komputer sebesar tipe data yang digunakan.

    Nah, disini saya akan mengulas beberapa tipe data yang dimiliki oleh bahasa pemrograman c++ dan tentunya wajib untuk anda ketahui.

    1. Tipe Data Boolean (bool)


    Boolean adalah salah satu tipe data yang hanya memiliki dua pilihan yaitu True (1) atau False (0). Tipe data ini biasanya digunakan untuk memberikan kepastian dan memastikan kebenaran dari sebuah operasi atau kondisi program.

    Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data bool yaitu 1 byte atau 8 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data bool:

    
    #include <iostream>
    using namespace std;
    
    int main()
    {
       int angka;
       bool hasil; 
       cout << "Masukan angka = "; cin >> angka;
       hasil = angka > 10;
       cout << hasil;
    }
    
    

    Pada program diatas, saya menggunakan 2 buah variabel yaitu angka dengan tipe data integer, dan hasil dengan tipe data boolean.

    Nah, disini saya akan mengambil nilai/value untuk variabel hasil dengan membandingkan nilai pada variabel angka terhadap bilangan 10.

    Apabila nilai pada variabel angka lebih dari 10 maka hasil bernilai 1 (true) dan jika angka lebih kecil dari 10 maka hasilnya bernilai 0 (false).

    2. Tipe Data Character (char)


    Character adalah salah satu tipe data yang memungkinkan kita untuk memesan memori berformat text (huruf, angka, dan simbol) dengan karakter tunggal.

    Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data char yaitu 1 byte atau 8 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data char:

    
    #include <iostream>
    using namespace std;
    
    int main(){
       char nilai;
    
       cout << "Masukan nilai (A/B/C/D): "; cin>>nilai;
       cout << "Nilai anda:" << nilai;
    
    }
    
    

    Perlu diingat bahwa tipe data char hanya dapat menyimpan data berbentuk karakter dan hanya satu karakter, oleh karena itu apabila anda memasukan lebih dari 1 karakter maka nilai yang akan tersimpan hanya karakter pertama.

    3. Tipe Data Integer (int)


    Integer adalah salah satu tipe data numerik yang memungkinakan kita untuk menyimpan data dalam bentuk bilangan bulat.

    Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data int yaitu 4 byte atau 32 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data int:

    
    #include <iostream>
    using namespace std;
    
    int main(){
       int x,y,z;
       x=3; y=4;
    
       z=x*y;
       cout << "Hasil perkalian: " << z;
    }
    
    

    Dengan tipe data integer memungkinkan kita untuk melakukan sejumlah operasi aritmetika seperti perkalian dan lain sebagainya.

    Pada contoh diatas, saya menggunakan 3 buah variabel beripe integer dengan x bernilai 3, y bernilai 4, dan z sebagai hasil hasil perkalian x dan y.

    4. Tipe Data Floating Point (float)


    Floating Point adalah salah satu tipe data numerik yang memungkinkan untuk menyimpan nilai dalam memori bersifat bilangan pecahan atau real, maupun eksponensial.

    Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data float yaitu 4 byte atau 32 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data float:

    
    #include <iostream>
    using namespace std;
    
    int main(){
       float jari, hasil ;
       const float p=3.14;
    
       cout << "Masukan Jumlah jari-jari = "; cin >> jari;
       hasil = (jari * p)*2;
    
       cout << "Keliling dari Lingkaran adalah " << hasil;
    
    }
    
    

    Mengapa kita menggunakan tipe data float? Karena kebanyakan hasil dari operasi penghitungan keliling lingkaran merupakan bilangan pecahan.

    5. Tipe Data Double Floating Point (double)


    Double Floating Point sama seperti float yaiut salah satu tipe data yang bersifat menyatakan bilangan pecahan atau real, maupun eksponensial. Bedanya adalah penyimpanan angka masimal lebih besar daripada float dan otomatis double juga akan membutuhkan memori yang lebih besar.

    Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data double yaitu 8 byte atau 64 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data double:

    
    #include <iostream>
    using namespace std;
    
    int main(){
       double jari, hasil ;
       const double p=3.1428;
    
       cout << "Masukan Jumlah jari-jari = "; cin >> jari;
       hasil = jari*(jari * p);
       cout << "Luas lingkaran: " << hasil;
    }
    
    

    6. Tipe Data String (string)


    String merupakan tipe data text (huruf, angka, dan simbol) yang memungkinkan kita menyimpan nilai dengan bentuk text, kumpulan dari character.

    Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data string yaitu 4 byte atau 32 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data string:

    
    #include <iostream>
    using namespace std;
    
    int main(){
       string nohp;
    
       cout << "Masukan nomor HP: "; cin >> nohp;
       cout << "Nomor HP anda: " << nohp;
    }
    
    

    Sama seperti halnya tipe data char, dalam tipe data string variabel yang bernilai angka tidak dapat dilakukan operasi aritmetika.

    Namun, jika dalam tipe data char hanya mampu menyimpan nilai satu karakter tiap variabel, hal ini tidak berlaku pada tipe data string.

    7. Tipe Data Valueless (void)


    Valueless adalah salah satu tipe data yang berarti “tidak ada” atau “tidak mempunyai tipe data”. Void masih di dalam katagori tipe data tetapi kita tidak bisa menggunakanya pada variabel biasa, void biasanya digunakan pada function yang tidak mempunyai return value.

    Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data void yaitu 1 byte atau 8 bit.

    Kesimpulan


    Baiklah, disini kita telah mempelajari macam-macam atau jenis-jenis dari tipe data yang ada pada bahasa pemrograman c++.

    Setelah mengetahui bahwa setiap tipe data memiliki fungsi kegunaan dan kebutuhan memori yang berbeda-beda, kini anda sudah lebih tau bagaimana memilih tipe data yang tepat untuk membuat program yang lebih efisien.

    Baca juga: panduan lengkap belajar bahasa pemrograman c++.
    Tunggu, sedang memuat. . .