Catatan: Blog ini sekarang pindah ke www.kodedasar.com

Mengenal Fungsi dan Prosedur dalam Bahasa Pemrograman C++

Damas Amirul Karim - Last Updated 23 April 2018
Mengenal Fungsi dan Prosedur dalam Bahasa Pemrograman C++
    Dalam dunia pemrograman terdapat istilah fungsi dan prosedur yang memiliki kegunaan untuk membagi-bagi program dari program utama (main program) sehingga program dapat lebih rapih dan juga lebih terstruktur.

    Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang apa yang dimaksud dengan fungsi dan prosedur dalam bahasa pemrograman C++.


    Fungsi dan Prosedur pada Pemrograman C++


    funsi dan prosedur dalam bahasa c++

    Fungsi & prosedur adalah kode program yang terpisah dari program utama namun dapat dipanggil ke dalam program utama untuk kegunaan masing-masing.

    1. Prosedur adalah fungsi yang tidak mengembalikan nilai, maka dari itu penggunaan prosedur selalu menggunakan void karena void tidaklah mengembalikan nilai. Baca: macam-macam tipe data.

    Tujuan dari penggunaan prosedur salah satunya adalah untuk mendefinisikan masing – masing tugas. Berikut ini contoh prosedur pada C++:

    
    #include <iostream>
    using namespace std;
    
    void LuasPersegi()
    {
     int panjang,lebar;
    
     cout << "Masukkan panjang: "; cin >> panjang;
     cout << "Masukkan lebar: "; cin >> lebar;
     
     cout<<"Luas persegi: " << panjang*lebar;
    }
    
    int main()
    {
     LuasPersegi();
     return 0;
    }
    
    

    2. Fungsi adalah subprogram yang akan mengolah data dan mengembalikan nilai (return value). Silahkan perhatikan program fungsi pada kode C++ berikut ini:

    
    #include <iostream>
    using namespace std;
    
    int LuasPersegi (int p, int l){
        int luas;
        luas = p*l;
        return luas;
    }
    
    int main()
    {
    
        cout << "masukkan panjang: "; cin >> a;
        cout << "masukkan lebar: "; cin >> b;
    
        cout << "Luas Persegi: " << LuasPersegi(a,b);
        return 0;
    }
    
    

    Catatan: penggunaan parameter dalam prosedur boleh dikosongkan, sedangkan fungsi harus menggunakan parameter dalam penggunaannya.

    Kesimpulan


    Fungsi dan prosedur digunakan untuk memecahkan program yang rumit dan besar menjadi program-program yang lebih sederhana atau kecil.

    Pada fungsi, nilai yang dikirimkan balik terdapat pada nama fungsinya (kalau pada prosedur pada parameter yang dikirimkan secara acuan).

    Karena nilai balik berada di nama fungsi tersebut, maka fungsi tersebut dapat langsung digunakan untuk dicetak hasilnya. Atau nilai fungsi tersebut dapat juga langsung dipindahkan ke pengenal variable yang lainnya.

    Nama Prosedur tidak dapat digunakan lagsung tidak seperti pada nama fungsi, yang dapat langsung digunakan dari sebuah prosedur adalah parameternya yang mengandung nilai balik.

    Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara prosedur dan fungsi pada Bahasa C++, hanya dibedakan dari return value.

    Jika suatu sub program tersebut memiliki nilai balik (return value) maka sub program tersebut disebut Function (Fungsi) jika tidak memiliki nilai balik maka sub program tersebut merupakan prosedure (Procedure).

    Baiklah, demikianlah pembahasan mengenai fungsi dan prosedur dalam bahasa pemrograman C++ secara ringkas. Baca juga panduan belajar c++ disini.
    Tunggu, sedang memuat. . .